Kali ini Apple kembali memuncaki posisi tertinggi, diikuti HTC dan Samsung. Selain itu Nokia juga secara mengejutkan berada di dalam daftar termasuk RIM yang berada cukup rendah.

Apple kembali memuncaki peringkat kepuasan pelanggan dengan nilai 59 poin lebih tinggi daripada HTC yang berada di posisi kedua. Posisi ini 54 poin lebih tinggi daripada yang diperoleh tahun 2011 lalu.
Motorola juga naik 14 poin namun tetap berada di posisi keempat di bawah Samsung yang mampu meraih posisi ketiga dengan kenaikan 48 poin dibanding tahun sebelumnya.
Posisi lainnya diduduki Nokia yang juga menaik, disusul LG (pemimpin kepuasan pelanggan kategori ponsel), RIM/BlackBerry dan HP/Palm. Beberapa pabrikan yang tidak masuk dalam hasil survei ini adalah ZTE (4 besar produsen ponsel) dan Sony yang baru beberapa saat yang lalu meluncurkan berbagai produknya.

Dari studi juga diketahui bahwa apapun perangkatnya, konsumen lebih puas jika smartphone yang dimilikinya bisa digunakan untuk aplikasi jejaring sosial dan permainan. Skor rating konsumen dengan jaringan sosial dan game sekitar 800-an, sementara mereka yang tidak memakai aplikasi game dan jejaring sosial adalah 750-an.
Studi juga menemukan bahwa pengguna membeli sebuah smartphone berdasarkan beberapa faktor yaitu kinerja (33%), desain fisik (23%), fitur (22%), diikuti kemudahan operasi (22%). Sementara itu faktor harga memiliki nilai pertimbangan hanya sebesar 19%.
via TeknoUp.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar