Minggu, 13 Mei 2012

Gawat, kecanduan Facebook ternyata mirip kecanduan narkoba

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator

Disamping menyenangkan, ternyata Facebook menyimpan bencanan dibaliknya, ingin tau seperti apa?




Seorang peneliti Cecilie Schou Andreassen dari Universitas Bergen menunjukan gejala kecanduan facebook mirip dengan kecanduan narkoba, kecanduan alkohol, dan kecanduan zat kimia. Ketergantungan lebih kepada pengguna yang lebih tua dan wanita.




Asumsi ini berdasarkan penelitiannya setelah melakukan studi kepada 227 perempuan dan 196 laki-laki yang berpartisipasi dalam tes BFAS. Mereka dites skala kecanduan facebook pada populasi umum di seluruh dunia.





kecanduan facebook sama dengan narkoba, dampak buruk facebook untuk anak anak, efek facebook




Penelitian yang dilakukan Andreassen dibukukan dalam laporan jurnal yang berjudul “Psychological Reports”. Ia pun mengatakan, "Kita berhadapan dengan sebuah subdivisi dari kecanduan internet yang terhubung ke media sosial."




Hasil penelitian Andreassen menunjukkan ketergantungan facebook terjadi lebih teratur pada usia muda dibanding pengguna yang lebih tua. Dan perempuan merupakan kelompok yang lebih cenderung menghabiskan waktu dengan facebook. "Penelitian kami juga menunjukkan wanita lebih berisiko terkena kecanduan facebook, mungkin karena sifat sosial facebook," kata Andreassen.




Bukan hanya itu saja, orang yang cemas dan tidak aman secara sosial juga mengakses facebook lebih sering. Hal tersebut terjadi karena mereka merasa lebih mudah untuk berkomunikasi melalui media sosial.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar