Senin, 09 Juli 2012

Nokia resmi berpisah dengan MeeGo, lalu?

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator

MeeGo merupakan OS hasil kerjasama Nokia dengan Intel beberapa tahun lalu yang telah melahirkan ponsel pertama mereka, Nokia N9.



Selain Symbian, beberapa perangkat Nokia juga menggunakan operating system lain bernama MeeGo, seperti N770, N800, N810, N900, N950 dan N9. Ternyata, operating system satu ini tidak berhasil menjadi daya tarik dan akhirnya Nokia memutuskan untuk lebih menggunakan operating system besutan Microsoft yaitu Windows Phone.



perkembangan OS MeeGo, meego adalah os gagal nokiaMungkin, karena merasa tidak lagi dipergunakan oleh Nokia melalui Head of Development MeeGo Sotiris Makrygiannis, tim yang selama ini menangani MeeGo memutuskan untuk hengkang dari Nokia.



Setelah keluar dari lingkup Nokia, tim MeeGo dan beberapa pengembang menciptakan satu startup bernama Jolla untuk menghidupkan kembali MeeGo.



Tidak hanya menghidupkan operating system itu saja, Jolla juga berencana membuat smartphone mereka sendiri yang rumornya akan menjadi pesaing bagi perangkat-perangkat Nokia. Saat ini, jabatan COO Jolla diduduki oleh Marc Dillon yang telah 11 tahun bekerja di Nokia sebagai MeeGo Principal Engineer.



Agar dapat menghidupkan kembali MeeGo, tim Jolla akan fokus untuk menganalisa operating system Tizen Linux yang nantinya akan diaplikasikan sebagai bahan revisi MeeGo.



Karena telah keluar dari Nokia, kemungkinan besar perangkat handset Nokia berbasis MeeGo tidak akan lagi mendapatkan update firmware terbaru. Seperti apakah MeeGo dan smartphone besutan Jolla, mari kita tunggu hasil dari pengembangan para mantan Nokia tersebut.




via - merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar