Senin, 02 Januari 2012

Apa sih beda layar resistif dan kapasitif, bagusan mana ya?

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator

Perkembangan teknologi ponsel cerdas (baca: smartphone) sangat pesat sekali, apalagi setelah dirilisnya OS android oleh Google yang menambah

persaingan di OS mobile phone dengan fitur touchscreen. Produsen ponsel berlomba-lomba memproduksi perangkat genggam dengan fitur touchscreen. Tak tanggung-tanggung puluhan smartphone keluar tiap bulannya, terutama yang menggunakan layar sentuh, nah rupanya kita perlu jeli sebelum membeli ponsel layar sentuh karena ada 2 jenis layar touchscreen yang memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.





pengertian kapasitif dan resistif perbedaannya, bagusan mana layar kapasitif atau resistif, jenis layar sentuh handphone, layar touchscreen terbaikpengertian kapasitif dan resistif perbedaannya, bagusan mana layar kapasitif atau resistif, jenis layar sentuh handphone, layar touchscreen terbaik


Jika Anda memutuskan untuk membeli handphone atau tablet touchscreen yang perlu diperhatikan adalah teknologi dibaliknya. Ada dua teknologi dari beberapa teknologi touchscreen yang sering digunakan oleh smartphone atau tablet touchscreen yang dijual dipasaran, yaitu Resistive dan Capacitive. Lalu apa sih bedanya? Terdapat beberapa perbedaan yang mempengaruhi fungsi dan harga dari device yang menggunakan masing- masing teknologi tersebut.



Perangkat dengan resistive screen dioperasikan dengan ditekan, karena resistive screen ini terdiri dari beberapa layer. Bisa ditekan menggunakan jari atau alat bantu serperti stylus atau tablet pen. Harga screen resistive ini lebih murah daripada capacitive screen. Resistive screen lebih akurat dari capacitive screen karena sensor screen bekerja pada bagian yang ditekan. Jenis screen ini cocok sekali untuk handwriting recognition (pengenal tulisan tangan). Kekurangan dari resistive screen ini tidak bisa multi touch, ditekan dua tempat sekaligus bersamaan.



Sedangkan perangkat dengan capacitive screen tidak bekerja dengan ditekan, screen jenis ini mengandalkan sensor electrode konduktor, seperti jari tangan kita. Layar capacitive ini tetap bagus dilihat dibawah sinar matahari. Cukup dengan sentuhan ringan langsung dapat mengaktifkan screen.



Capacitive screen ini tidak berpengaruh jika kondisi layar kotor, dan layar ini mendukung multi touch. Sayangnya harga layar capacitive ini lebih mahal. Sifat dan karakteristik dua teknologi layar ini mempengaruhi mempengaruhi penggunaan dan harganya, biasanya ponsel/tablet dengan layar capacitive lebih mahal daripada layar resistive.



Contoh device dengan layar capacitive di pasaran yaitu, Apple iPhone, Samsung Galaxy Nexus, Nokia 603 dan banyak lagi. Sedangkan contoh ponsel yang menggunakan layar resistive yaitu, Nokia C6, Sony Ericsson Vivaz, LG Cookie Fresh GS-290 dan lainnya.



Tak kalah pentingnya, perhatikan baik-baik spesifikasi ponsel jika anda ingin membelinya, terkadang sama tipe tapi beda seri berbeda pula spesifikasi layarnya, contohnya seperti handphone keluarga Nokia C6. Ada Nokia C6-00 yang memakai layar resisitiv dan Nokia C6-01 yang memakai layar kapasitif, so cermatlah sebelum membeli !!



Via Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar