Sabtu, 30 Juli 2011

Kenapa harus autofokus? - Pentingnya fitur autofocus pada kamera ponsel

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator





Anda tentu pernah, atau bahkan sering berfoto-foto ria bareng teman, keluarga atau sekedar narsis sendiri di depan lensa kamera digital/kamera ponsel. Nah, kerap kali hasil foto yang kita inginkan jauh dari harapan, ada yang terlalu gelap, terlalu terang, dan tak jarang hasil foto kita terlihat 'Blur' /kurang fokus. (atau memang udah jelek dari sononya ya?? hee :D). Khusus untuk yang terakhir mungkin anda melupakan fitur penting dalam sebuah kamera, 'Autofokus'.



Fungsi autofocus adalah kamera bisa mendeteksi objek yang mau difoto seberapa jaraknya, sehingga gambar terkonsentrasi ke objek yg mau difoto. cara kerja kamera hampir sama dgn bola mata kita, malahan kamera mengadopsi cara kerja mata, sebagai contoh mata kita, bila kita melihat dekat (30 cm) di dpn mata, contoh jari kita, kita akan melihat objek belakang kabur dan berbayang, karena mata terfokus ke objek dekat, sehingga lensa mata melengkung ke objek dekat.


Pengertian apa itu autofokus?, fungsi manfaat autofocus, apa sih autofokus itu?, perbedaan autofokus dan Fixed focus



Tetapi pada kasus yang sama bila kita melihat jauh dgn jari di depan (30 cm) maka mata terfokus ke tampat jauh, sedangkan jarak dekat (jari) kita akan terlihat berbayang dan kabur, inilah kerja autofocus mata/camera.



Sesua dengan namanya, Fungsi Fitur autofokus tentu untuk memfokuskan objek tertentu yang ada pada objek yang akan dibidik. Bila anda memilih kamera tanpa fitur autofokus (fixed focus) kemungkinan besar foto yang dihasilkan akan blur (buram). Ada kalanya foto akan terlihat memiliki fokus yang tepat saat dilihat dari layar handphone, tapi ketika anda melihatnya dikomputer atau setelah foto diprint anda akan menyadari bahwa sebenarnya hasil foto tersebut blur.



Cara mengaktifkan autofokus (AF) kadang berbeda antar satu perangkat dengan perangkat lain. Umumnya dengan cara menekan tombol kamera pelan-pelan (tidak sampai full) untuk menunggu software autofocus bekerja, sementara autofokus telah siap (biasanya ditandai dengan notofikasi bunyi atau tanda tertentu pada LCD) kita bisa menekan secara penuh tombol tersebut untuk mengambil gambar. Sedangkan pada kamera ponsel yang tidak dilengkapi tombol kamera, autofokus bisa diaktifkan lewat tombil shortcut di keypadnya. Khusus untuk Nokia Eseries berfitur autofokus (E71 dan E72) bisa menekan angka 2 pada mode kamera aktif.





sebagai contoh perhatikan gambar berikut:



Pengertian apa itu autofokus?, fungsi manfaat autofocus, apa sih autofokus itu?, perbedaan autofokus dan Fixed focus



Contoh gambar tersebut mengggunakan kamera ponsel Nokia E71 yang beresolusi 3.2 MP di siang hari. Kondisi pencahayaan maupun jarak diatur sama persis. Terdapat 4 buah foto, 2 foto dengan autofokus dan 2 lainnya tanpa autofokus.



Bisakan anda membedakan foto mana yang memakai autofokus dan yang tidak?? Ya, benar sekali! 2 foto di bagian atas TIDAK memakai fitur autofokus sementara 2 foto di bawahnya menggunakan autofokus.



Banyak dari kita menyepelekan fitur autofokus ini, namun bila menginginkan hasil foto yang baik autofokus merupakan fitur wajib. Beberapa ponsel kamera bahkan sudah banyak yang memiliki fitur ini, selengkapnya klik disini.



Demikian uraian singkat mengenai pentingnya fitur autofokus pada sebuah kamera/Kamera ponsel. Semoga bisa menambah pengetahuan kita khususnya bagi pembaca yang sering berfoto-foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar