Sabtu, 09 Juli 2011

yuk, kenalan sama Teknologi NFC (Near Field Communication) !!

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator

Banyak ponsel masa kini yang sudah memiliki fitur NFC, tapi apa sih sebenarnya NFC itu? Lalu bagaimana wujud, serta cara kerja NFC itu sendiri?



Pengertian dan kegunaan teknologi NFC pada ponsel, handphone yang memiliki fitur NFC, apa itu NFC?



NFC (Near Field Communication), yaitu suatu teknologi yang merupakan pengembangan dari teknologi kartu RFID (Radio Frequency Identification).



Secara prinsip, RFID memiliki bentuk dan kegunaan yang sama dengan kartu ATM. Hanya saja bedanya untuk melakukan transaksi kartu RFID tidak perlu digesek ke suatu alat namun cukup didekatkan ke deteksi yang disebut reader. Di Indonesia sendiri, kartu RFID sudah banyak digunakan seperti e-toll untuk pembayaran otomatis gerbang tol.



Pada ponsel yang ditanamkan chip NFC, maka ponsel dapat bertindak sebagai alat pembayaran dan juga sebagai reader. Untuk pertamakalinya teknologi NFC juga akan digabung dengan kartu SIM yang memungkinkan operator ponsel untuk memasukkan layanan NFC langsung ke kartu itu sendiri. Dalam hal ini akan memudahkan pertukaran data antar perangkat seperti memindahkan file gambar, data, dengan cara lebih sederhana dan nyaman tentu juga lebih cepat dan efisien.



Dalam penggunaan lain seperti informasi kartu kredit dapat dengan aman disimpan dalam kartu SIM yang menerapkan teknologi NFC ini. Selain itu hanya cukup mendekatkan perangkat mobile dengan mesin terminal pembayaran maka proses pembayaran dilakukan dengan cepat dan lebih sederhana.



Semua perangkat NFC memungkinkan untuk membaca dan menulis informasi peda kecepatan tinggi (424 Kb). Koneksi NFC terjadi ketika ada sambungan antar perangkat yang kompatibel dengan Bluetooth dan Wi-Fi. Karena cara dan fungsi yang sangat terbatas itu maka akan menjamin komunikasi antar perangkat yang aman dari kehilangan data.



Nah, beberapa fungsi yang dapat dijalankan melalui gitur NFC antaralain:



- Pembayaran kartu kredit yang terintegrasi ke perangkat mobile

- Pembayaran tiket elektronik untuk penggunaan transportasi

- Dokumen elektronik pribadi

- Download data seperti jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api

- Pembayaran tiket penerbangan dan pemesanan hotel

- Musik dan download foto dari kamera, ponsel dan pembaca multimedia

- Koneksi P2P (peer to peer) untuk transmisi informasi yang mudah anara perangkat nirkabel


Dengan teknologi NFC, akan membuat hidup menjadi lebih nyaman bagi konsumen karena lebuh mudah untuk melakukan transaksi, pertukaran konten digital dan penghubung antar perangkat elektronik.



Karena tadi sempat menyinggung soal ponsel yang memiliki fitur NFC ya? ok, tapi saya akan membahasnya di lain kesempatan, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar