Selasa, 07 Februari 2012

Handphone Nokia jadul kalahkan iPhone dan Android dalam uji ketangguhan menghadapi suhu di bawah NOL derajat Celcius

Zona Inormasi Teknologi Terkini | Harga dan Spesifikasi Handphone Terbaru

↑ Grab this Headline Animator

Selain fitur, Ketangguhan bodi menghadapi jenis cuaca tertentu merupakan salah satu kriteria yang biasanya dipertimbangkan oleh calon pemilik ponsel.



ponsel tangguh di duaca ekstrim super dingin, hanphone yang paling tahan cuaca dingin, ketangguhan desan hp nokia vs android vs iPhone



Sebuah tes telah dilakukan di Finlandia, sebuah negeri yang dingin di belahan dunia bagian utara, untuk menguji ketahanan berbagai ponsel yang ada saat ini. Ada 15 ponsel yang diuji, termasuk berbagai ponsel terkenal seperti iPhone, Samsung Galaxy, hingga ponsel yang didesain untuk tahan kondisi ekstrim.



Ujian dilakukan dengan menurunkan suhu lingkungan dari nol derajat hingga -40 derajat Celcius dengan rentang 5 derajat. Pengujian akan mencatat waktu saat sebuah ponsel mulai bermasalah dan saat ponsel tersebut sama sekali berhenti beroperasi.



Dari pengujian diketahui bahwa pada suhu nol derajat, semua ponsel masih beroperasi dengan baik. Di suhu -5 derajat Celcius, baterai Nokia N9 mulai bermasalah dan dilaporkan hampir kosong. Pada suhu tersebut iPhone 4S juga mengalami masalah SIM card. Ponsel andalan Apple tersebut akhirnya berhenti total pada suhu -10 derajat.



Di bawah suhu -10 derajat, semua layar LCD mulai mengalami masalah sementara layar AMOLED dilaporkan lebih tahan. Berikut gambaran apa yang terjadi atas ke-15 ponsel tersebut dalam uji ketahanan suhu ini.



ponsel tangguh di duaca ekstrim super dingin, hanphone yang paling tahan cuaca dingin, ketangguhan desan hp nokia vs android vs iPhone



Di kolom sebelah kiri menunjukkan waktu pertama kali sebuah ponsel menemui masalah, sementara di sisi kanan ditampilkan suhu saat sebuah ponsel benar-benar berhenti beroperasi.



Pemenang uji ini ternyata mengejutkan, yaitu Nokia C1-01 dan Nokia E65. Keduanya memang mulai bermasalah sejak suhu -15 derajat Celcius namun tidak berhenti beroperasi hingga suhu -40 derajat Celsius.



Sementara itu Samsung Galaxy S II ternyata mampu bertahan seperti halnya Samsung Galaxy Xcover, ponsel yang didesain untuk tahan kondisi ekstrim yaitu hingga suhu -35 derajat Celcius. Namun Xcover mampu menunjukkan kualitasnya sebagai ponsel ekstrim karena merupakan satu-satunya ponsel yang bisa beroperasi tanpa masalah hingga suhu -35 derajat Celcius.



Via GSMArena | TeknoUp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar